SMK Negeri 12 Bandung. STMN Penerbangan Bandung. Jalan Padjajaran No.92 Bandung 40173
. program studi keahlian teknologi pesawat udara. satu-satunya sekolah menengah di Indonesia yang bergerak dibidang manufacture pesawat udara dan mulai merambah bidang maintenance. program keahlian pemesinan pesawat udara. konstruksi rangka pesawat udara. konstruksi badan pesawat udara. elektronika pesawat udara. kelistrikan pesawat udara. Airframe and Powerplant.

Minggu, 06 Mei 2012

Kompetensi Keahlian

SMK Negeri 12 Bandung yang dahulu bernama STM Penerbangan Negeri Bandung memiliki 5 (lima) kompetensi keahlian/jurusan yang mana semuanya merujuk pada bidang manufacture. namun mulai tahun 2012 dibuka 1 (satu) kompetensi keahlian baru. Apa saja jurusan yang ada di SMK 12 ini? jurusan apa yang baru di tahun 2012? Mari kita bahas satu persatu.


1. Pemesinan Pesawat Udara (Aircraft Macining)
Merupakan jurusan yang memberikan pendidikan dalam bidang manufacture/pembuatan bagian dari engine pesawat terbang. membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang kompeten dalam mengoperasikan mesin-mesin produksi seperti mesin bubut (Lathe Machine), mesin Frais , mesin CNC (Computer Numerically Control), mesin Gerinda (Grinding) , mesin Skrap (Shape Machine),dll.

2. Konstruksi Badan Pesawat Udara (Airbody Construction)
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang kompeten dalam membuat komponen pesawat udara dan komponen manufacture dengan proses pengelasan, proses pembentukan, memperbaiki, mengganti, dan memasang komponen pada rangka dan badan pesawat udara 

3. Konstruksi Rangka Pesawat Udara (Airframe Construction)
Menyiapkan lulusan dalam bidang pembuatan dan perbaikan rangka pesawat udara yang meliputi proses pengelasan, membangun konstruksi, perakitan dan memasang komponen pada rangka pesawat udara serta mampu bekerja mandiri terampil dan bersikap profesional selaras dengan tuntutan dunia kerja serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 4. Kelistrikan Pesawat Udara (Aircraft Electrical)
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang kompeten dalam menginterpretasikan gambar listrik/elektronika, menerapkan teknik dasar listrik/elektronika, mengukur dengan alat-alat ukur listrik dan elektronika, mengoperasikan dan merawat alat-alat mesin listrik, instrumen, sistem listrik, membuat dan memasang instalasi (harness) listrik pesawat udara, merakit sistem kontrol otomatis dan kontrol dengan PLC (Progammable Logic Controller).

5. Elektronika Pesawat Udara (Aircraft Electronics)
Membekali siswanya dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang kompeten dalam membaca gambar rangkaian elektronika, merakit komponen elektronika, merakit sistem elektronika pesawat udara, melakukan test fungsi peralatan elektronika, melakukan perawatan rangkaian elektronika, dan melakukan perbaikan rangkaian elektronika.

6. Airframe and Powerplant
Jurusan ini baru saja dibuka, yang mana peserta didik dalam pembelajarannya akan dibekali dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang kompeten dalam melakukan perbaikan atau perawatan (Maintenance) pada mesin-mesin pesawat udara maupun pada rangka dan badan pesawat. Jurusan ini adalah satu-satunya yang bergerak dibidang maintenance dari pada jurusan yang lainnya di SMKN 12 Bandung yakni yang bergerak daam bidang manufacture.

8 komentar:

Unknown mengatakan...

bagaimana testing smk 12 bandung?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Klo cewe banyak nya ambil jurusan apa ya

Unknown mengatakan...

Rata-rata cewek yang masuk ke sana mengambi jurusan apa..? Dan setelah lulus bisa jadi apa..?

Unknown mengatakan...

Krpu, kpu

Unknown mengatakan...

Krpu, kpu, epu

Unknown mengatakan...

Kalo cewe di dunia kerjanya ngapain? Terus berat ga?

Unknown mengatakan...

Kalo Jarak Buat Daftar Ke Sekolah Di Ukur Tidak?